Rabu, 16 Mei 2012

K A S

Kas bertambah dilakukan debet, berkurang jurnalnya kredit. Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan, aktiva yang paling lancar, tidak produktif (bukan barang modal), harus dijaga jangan sampai berlebihan (idle), dan jangan kekurangan. Dua jenis kas : "kas di tangan" (kas kecil, cek, travel cek, wesel) dan "kas di bank" (tabungan dan giro). Dana aktiva tidak lancar disebut : dana pensiun, deposito berjangka, asuransi, yang jatuh temponya lebih dari satu tahun bukan kelompok kas. Pengawasan kas :
1.       penerimaan kas : petugas yang menerima kas dipisah dengan yang mencatat penerimaan kas, tiap transaksi segera dicatat, digunakan mesin register (mesin kasir, dll)
2.       pengeluaran kas : pembayaran didukung bukti-bukti kuat, dana kas kecil diawasi ketat, ditetapkan penulis/penandatangan cek yang sah.
Selisih kas : perbedaan saldo kas menurut buku dengan saldo kas fisik, mungkin kecurian, kehilangan, dll, dianggap biaya lain-lain. Selisih lebih dianggap pendapatan lain-lain.
Sistem pengendalian kas kecil : 1)sistem dana tetap à pengisian di akhir. Pencatatannya :kas

0 komentar:

Posting Komentar

AHMAD TAUFIK SIREGAR
 
;