Sabtu, 11 Februari 2012

Contoh printer

CONTOH ALAT OUTPUT
( PRINTER )
Printer adalah sebuah alat yang bisa mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama, dipasang di komputer bagian belakang dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer. Sambungan ini terhubung pula ke motherboard.kedua kabel listrikyang dipasang pada stopkontak yang terpisah.

Jenis-jenis printer antara lain :
  1. Printer Laser
Pencetak laser atau printer laser adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis dibanding menggunakan tinta pencetak tinta.
Pencetak laser bekerja dengan melibatkan 7 langkah:
  • Pemrosesan Gambar Raster: peosesor dalam pencetak mengubah data untuk dicetak dari format apapun yang ada, ke bitmap halaman untuk dicetak - yang kemudian disimpan dalam memori gambar raster.
  • Pengisian: Sebuah muatan elektrostatik kemudian diproyeksikan ke drum fotosensitif berputar dalam pencetak.
  • Penulisan: Sinar laser diarahkan pada cermin poligon berputar, yang mengalihkan sinar itu ke drum fotosensitif. Data yang dirasterisasi kini dibaca, dan digunakan untuk mengendalikan apakah laser itu menyala atau tidak, karena sinar itu menyapu drum - di mana ketika sinar laser mengenai drum muatannya dibalik, menciptakan gambaran listrik laten di permukaan.
  • Perkembangan: Permukaan drum kemudian dipajankan ke partikel toner bermuatan negatif, yang ditarik ke daerah di mana laser itu menulis gambaran listrik tersimpan. Toner itu akan diusir oleh muatan negatif daerah di drum di mana sinar laser tak mengenainya, dan kemudian menghilangkan muatan.
  • Transfer: Drum sekarang diputar ke kertas, mengubah gambar dari drum ke kertas (untuk membantu proses ini ada pemutar bermuatan positif di belakang kertas, yang mendorong toner dari drum dan ke kertas).
  • Penggabungan: Kertas kemudian dilewatkan melalui penggabung, di mana pemutar itu menyiapkan panas dan tekanan untuk mengikat toner ke kertas.
  • Pembersihan: Sebuah tangkai tak bermuatan listrik dan lampu penembak menghilangkan toner dan semua muatan yang tersisa di drum (semua ini akan terjadi dalam 1 revolusi drum).

Apple LaserWriter Pro 630 adalah salah satu pencetak laser pertama

(http://id.wikipedia.org/wiki/Pencetak_laser)

  1. Printer Ink-jet
Printer Ink – jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik – titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan. Printer ini dapat digunakan untuk menghasilkan cetakan berwarna maupun cetakan hitam putih. Harga printer ini lebih murah dibandingkan printer laser, namun kualitas dan kecepatan pencetakannya lebih rendah dibanding printer laser.
Printer ink – jet dapat digunakan untuk mencetak pada kertas biasa atau pada plastik khusus yang digunakan untuk bahan presentasi.
Dibandingkan dengan printer impact, printer ink – jet tidak berisik dengan kualitas cetakan lebih tinggi. Namun, biaya operasinya lebih tinggi.
Nama lain yang sering dipergunakan untuk menyebut printer jenis ini
adalah BubbeleJet dan DeskJet.
Tinta yang diperguanakan pada ink – jet relatif mudah larut pada air, terutama tinta refill yang dapat digunakan untuk mengisi ulang catridge printer ink-jet. Oleh karena itu, pemakaian harus berhari – hari agar cetakan ink-jet tidak kena air.
Printer ink-jet

  1. Printer Multifungsi
Apa itu printer multi fungsi?
Printer multi fungsi atau Multi function printer (MFP) adalah printer yang dapat melakukan berbagai fungsi sekaligus yaitu: Printer, Scanner, Photocopier, Fax dan Email. Printer dengan kategori MFP merupakan salah satu jenis printer yang paling populer. Printer jenis ini juga merupakan printer yang paling banyak digunakan di perkantoran.

Mengapa memilih printer multi fungsi?
Harga relatif murah dengan fitur yang lengkap. Terutama untuk printer MFP skala rumah/kantor (SOHO, small office home office). Konsumen tidak perlu lagi membeli piranti lain bila menggunakan printer MFP.

Bagaimana cara memilih printer multi fungsi?
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih printer multi fungsi, antara lain:
  • Kecepatan printer MFP
    Faktor terpenting dalam memilih printer adalah kecepatan dari printer tersebut. Kecepatan printer menjadi faktor utama bila harus mencetak dalam jumlah besar. Laporan keuangan, tugas kuliah, thesis ataupun sekedar proposal di kelurahan tentunya membutuhkan printer dengan kinerja kecepatan baik.
  • Memory printer MFP
    Memory printer yang besar akan semakin mendukung proses pencetakan bila data yang diolah juga besar. Masalahnya hampir semua aktivitas dalam printer MFP membutuhkan memory yang optimal. Penggunaan Scan atau Fax adalah salah satu fungsi dari MFP yang perlu didukung memory yang optimal.
  • Fungsi Fax dari printer MFP
    Fungsi Fax adalah fungsi dari printer multi fungsi yang harus diperhatikan baik-baik. Banyak produk printer multi fungsi yang tidak memiliki fitur-fitur yang penting digunakan.
  • Automatic Document Feeders
    Automatic Document Feeder merupakan fitur dari Printer Multi Fungsi yang sangat penting. Bila dokumen yang dikerjakan relatif banyak maka penggunaan automatic document feeder akan sangat membantu pekerjaan kita.
  • Selalu menguji sebelum membeli
    Jangan pernah membeli printer sebelum mencobanya terlebih dahulu. Nasihat klasik ini memang harus diperhatikan betul bagi calon pembeli printer.
(http://priandoyo.wordpress.com/2008/04/16/printer-multi-fungsi/)
Printer Multi Fungsi

  1. Printer Impact
Printer ini sering juga disebut hammer, karena pencetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin-pin ini sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin yang ada sekitar 9 hingga 24 pin. Semakin banyak jumlah pin, maka hasil cetakan akan labih halus, sekalipun tak sehalus hasil cetakan kalau menggunakan printer ink-jet ataupun laser. Selain itu, priter jenis ini seringkali berisik.
Yang termasuk dalam kategori priter impact adalah :
  1. Dot Matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum)
Printer Dot Matrix
(http://www.kulimtypewriters.com.my/Printer2/Printer2_files/kxp1121.jpg)

  1. Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter – karakter)
  2. Line Printer (printer yang mencetak satu baris per waktu)
Line Printer

Meskipun memiliki berbagai kelemahan sebagaimana telah disebutkan, keunggulan printer jenis ini teletak pada kemampuannya untuk mencetak pada kertas rangkap, suatu hal yang tak dapat dilakukan oleh printer jenis lainnya. Selain itu, keandalan dan biaya operasinya yang murah membuat printer Jenis ini banyak digunakan berbagai perusahaan. Printer Janis ini kini termasuk mahal harganya.
Karakteristik yang membedakan printer – printer Jenis ini adalah sebagi berikut :
  • Kecepatan
Kecepatan printer impact dinyatakn dalam CPS ( Characters Per Second), yang besarnya sekitar 50 sampai 500 cps. Kecepatan ini juga bergantung kapada kualitas cetakan yang dikehendaki. Semakin tinggi kualitasnya, maka kecepatannya akan menurun.
  • Kualitas percetakan
Kualitas percetakan bergantung kapada jumlah pin yang dimiliki oleh printer. Printer don-matrix yang terbagus mamiliki 24 pin dapat menghasilkan cetakan mendekati katikan ( letter – quality ).
Printer Impact
(http://www.epos-store.co.uk/images/tm220big.jpg)

  1. Printer Thermal
Printer Thermal
Printer thermal merupakan pilihan terbaik bagi kaluaran yang marupakan cetakan berwarna berkualitas tinggi. Untuk dapat menghasilkan cetakan berwarna, printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau paraffin, dan panas yang akan membakar titik – titk pada kartas khusus tersebut. Untuk cetakan hitam putih, printer thermal tak memerlukan kertas berlilin.
Printer thermal merupakan printer yang mahal, dan memerlukan kertas yang mahal, tetapi karena keindahan cetakannya, tak mengherankan bila banyak yang dipergunakan untuk mencetak foto, cover CD, dan membuat cetakan – cetakan yang diinginkan bercitra eksklusif.
(http://deden06sttg.wordpress.com/2008/07/14/makalah-printer/)

  1. Printer Plotter
Printer Plotter

0 komentar:

Posting Komentar

AHMAD TAUFIK SIREGAR
 
;